Maklumat Pimpinan PP Darussalam

PENGANTAR SURAT PERNYATAAN ORANGTUA WALI SANTRI

PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KASOMALANG


Bismillahirohmanirohim

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT  bahwa Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang terus hidup dan berkembang dalam ibadah fisabilillah “Tafaqquh fiddin, belajar sekaligus mengajarkan agama Islam”  sekaligus mendidik akhlak mulia ( al-akhlakul karimah)  kepada generasi muslim khususnya yang menjadi santri peserta didiknya.  shalawat serta salam semoga terus-menerus dilimpahkan Allah kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

         Masih banyak masyarakat yang belum memahami secara utuh tentang apa dan bagaimana Pondok Pesantren Darussalam (PPD) Kasomalang. Khusus bagi para calon orang tua santri dan para orang tua santri hendaknya bisa memahami dengan baik beberapa hal penting tentang apa dan bagaimana Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang.  supaya para orang tua santri bisa bekerja sama dan saling pengertian serta saling mendukung dalam sukses pendidikan dan pembelajaran putra-putrinya di Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang.

untuk itu, selaku  pimpinan  PPD Kasomalang,  saya permaklumkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pondok Pesantren Darussalam (PPD)  Kasomalang adalah lembaga pendidikan Pesantren biasa dengan kekhususan kekhususan yang menjadi karakteristiknya  baik di bidang Disiplin lingkungan pendidikannya maupun dalam sistem,  metodologi dan materi pembelajaranya. PPD Kasomalang sekaligus bukan lembaga Panti rehabilitasi yang melayani upaya pengobatan atau penyembuhan anak-anak yang mengidap penyakit kelainan mental atau anak-anak yang sudah mengalami kenakalan penyalahgunaan minuman keras,  narkoba dan sejenisnya.   adalah salah alamat, kalau ada calon/  orang tua wali santri yang memasukkan anaknya di PPD Kasomalang dengan tujuan untuk rehabilitasi mental atau kenakalan yang sedang dialami anaknya.

  2. Sukses pendidikan dan pengajaran menurut Saya memerlukan lingkungan Pendidikan yang kondusif mendukung tujuannya. Oleh karena itu, PPD Kasomalang mewajibkan seluruh santri peserta didiknya selama menjadi santri berdomisili atau bertempat tinggal di asrama PPD Kasomalang (diasramakan).  kalau tidak siap tinggal di asrama, jangan menjadi santri PPD Kasomalang.

  3. Kondusifitas lingkungan pendidikan berasrama yang dihuni oleh banyak orang (Santri) dari berbagai daerah/pelosok dari kota sampai ke dusun dengan aneka ragam strata, Bahasa, kebiasaan dan perilaku hanya bisa dibangun dengan adanya aturan tata tertib yang berdisiplin ditegakkan dengan adanya pembinaan/pengasuhan, pengawasan dan sanksi-sanksi  edukatif bertingkat guna menjaga keserasian, kedamaian, aman dan nyaman bagi semuanya. Jangan khawatirkan bahwa apa yang disebut dengan peraturan tata tertib disiplin sebenarnya hal biasa-biasa yang wajar dalam hidup Islami sehari-hari yang sama sekali bukan peraturan-peraturan yang menyeramkan dan menakutkan titik buktinya, para peserta didik (Santri)  dari sejak dulu sampai sekarang berjalan biasa-biasa saja.

  4. Harus diakui bahwa kami (Pimpinan dan seluruh jajaran guru dan pengurus) tidak bisa mengatur dan mengawasi santri satu demi satu. kami mengasuh dan mengawasinya secara umum untuk semua Santri. harus diakui pula bahwa pada dasarnya hampir semua Santri tidak betah tinggal di asrama yang berdisiplin seperti PPD Kasomalang Oleh karena itu walaupun mayoritas bisa beradaptasi dan bertahan sampai tamat (3 atau 6 tahun), namun beberapa santri ada juga terpaksa pulang atau dipulangkan sebelum tamat. Santai wajib dipulangkan (kasus langka yang wajib dipahami dan diantisipasi) Sudah dipertimbangkan bukan berdasarkan rasa marah, benci, atau keburukan apapun, namun Justru dengan logika sebaliknya, bahwa kalau pun dipertahankan di PPD Kasomalang, akan merugikan dirinya karena tidak bisa belajar dengan baik. yang bersangkutan memang sengaja membuat  "ulah sensional” Karena sudah tidak merasa betah dengan Melakukan pelanggaran berat berulang-ulang Yang sangat merepotkan para pengasuh, pengurus dan orangtua. Celakanya, dalam melakukan pelanggaran tersebut bisa mempengaruhi dan membawa teman-teman santri lainnya, oleh karena itu terpaksa wajib dipulangkan, dan mau tidak mau orangtua santri harus bisa menerimanya demi kebaikan bersama. Beberapa contoh pelanggaran, antara lain: Melawan, menghina guru atau pengurus, meninggalkan asrama tanpa izin kabur dari pesantren lebih dari 24 jam, sering tidak masuk kelas dengan alasan yang dibuat-buat seperti berpura-pura sakit, berkelahi, mengancam, apalagi memeras teman-temannya merokok pada tingkat yang lebih berat lagi berani minum minuman keras atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang, merusak nama baik PPD Kasomalang  langsung maupun tidak langsung, dll.

  5. Khusus kepada para calon orang tua wali santri dan orang tua wali santri Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang, kami meminta terus bekerja sama sebagai keluarga untuk aktif mengasuh mengarahkan dan mengawasi serta memberi semangat kepada putra-putrinya supaya betah perlu disiplin dan belajar dengan baik di PPD Kasomalang sampai tamat. Berhati-hatilah menerima laporan, keluhan, dan pengaduan dari anak-anaknya karena bisa jadi pengaduan tersebut tidak selamanya benar bahkan sering dijadikan alasan untuk minta pindah belajar. kalau terjadi masalah anaknya dengan siapapun baik dengan teman-temannya (maklum masih anak-anak)  atau mungkin dengan guru maupun pengurus, hendaknya segera memusyawarahkan kepada guru senior atau langsung kepada pimpinan bagian pengasuhan PPD untuk diambil langkah-langkah dalam mengatasinya sebagaimana mestinya.Sangat tidak diharapkan apabila orang tua santri melibatkan pihak ketiga dalam menyelesaikan masalah anak-anaknya di PPD atau langsung berhadapan (melabrak) santri/orang tua santri yang bersangkutan atau guru yang dianggap terkait langsung dalam permasalahannya.

  6. Allah SWT maha mengetahui, kami (Pimpinan dan seluruh jajaran guru dan pengurus) PPD Kasomalang memiliki niat, tekad dan keinginan yang sama Seperti bapak/ibu orang tua santri terhadap anak-anaknya titik Kami ingin mereka (para santri) betah belajar dengan baik, selalu sehat dan riang, rajin beribadah dan berakhlakul karimah. Kami adalah juga orang tua dan saudara putra-putri bapak/ibu untuk mendidik dan mengajar, maka tidak perlu ragu lagi bahwa kami tidak sedikitpun memiliki niat buruk apalagi jahat untuk menganak-tirikan, mendiskreditkan, menghina, mencelakan Dan membeda-bedakan satu santri dengan yang lainnya. Kalau kami menegur, itulah kasih sayang kami. Kalau kami memberikan sangsi, itulah perhatian dan peringatan kami. Kalau kami memulangkan, itulah yang terbaik dan maslahat bagi semua pihak tanpa ada kebencian atau keburukan apapun. kalau kakaknya kurang memuaskan atau mengecewakan, Kami tunggu adik-adiknya atau saudaranya dikirim lagi belajar di Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang.

  7. PPD Kasomalang mewajibkan kepada orang tua santri untuk memenuhi kewajiban finansialnya dengan membayar iuran iuran yang ditetapkan lunas pada waktunya (setiap bulan). Dalam hal sekali-kali terdapat kesulitan untuk bisa membayar setiap bulan, maka tanggungannya dapat dibayar lunas paling lambat pada bulan Jelang semesteran (awal Mei untuk semester ganjil. awal November untuk semester genap). Sekali dalam 3 bulan, bagian Keuangan PPD akan mengirimkan surat pemberitahuan dan pencocokan pembayaran yang menjadi tanggungan di mana (pernah) terjadi adanya anak peserta didik yang sengaja atau lupa tidak membayarkan uang iuran dari orang tuanya kepada bagian Keuangan berbulan-bulan sehingga mengagetkan orang tuanya. segala bentuk keuangan yang sudah dibayarkan kepada PPD Kasomalang tidak dapat ditarik lagi dengan alasan apapun.

  8. Kita hanya berbeda posisi dan tempat sesama Muslim kita bersaudara dan berkewajiban menjunjung tinggi pendidikan Islam khususnya untuk anak-anak dan saudara kita. Alhamdulillah, Pondok Pesantren Darussalam  sudah berdiri dan teruji Hingga seperti sekarang ini atas kebersamaan kita semua. mohon doa dan dukungan kiranya Allah SWT terus memelihara, membimbing dan menunjukkan kepada kami jalan untuk PPD Kasomalang bisa terus berkembang dan maju sebagaimana yang dicita-citakan, insya Allah. Pondok Pesantren Darussalam (PPD) adalah lapangan jihad fisabilillah kita kata-kata dimana anak-anak kita ada di dalamnya, maka semua kita “kami dan para orang tua wali Santri” khususnya harus berada dalam satu barisan untuk menjaga nama baiknya menjunjung tinggi keberadaannya, mendoakan dan mendukung kemajuannya.

Demikian untuk menjadi maklum dan dipahami oleh semua pihak khususnya oleh para calon orangtua wali santri Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang.


Darussalam, Juni 2017

PONDOK PESANTREN DARUSSALAM

Pimpinan,



KH., Ahmad Djuanda, M.H.

Terakhir diperbarui Jumat, 3 Juni 2022